Sangkuriang

  
 Sangkuriang.com    Forum     Ngobrol Yuk!     Contact Us   
Situs informasi mengenai Sangkuriang.

Sangkuriang

Pada jaman dahulu, tersebutlah kisah seorang puteri raja di Jawa Barat bernama Dayang Sumbi. Ia mempunyai seorang anak laki-laki yang diberi nama Sangkuriang. Anak tersebut sangat gemar berburu. Ia berburu dengan ditemani oleh Tumang, anjing kesayangan istana. Sangkuriang tidak tahu, bahwa anjing itu adalah titisan dewa dan juga bapaknya.

Pada suatu hari Tumang tidak mau mengikuti perintahnya untuk mengejar hewan buruan. Maka anjing tersebut diusirnya ke dalam hutan. Ketika kembali ke istana, Sangkuriang menceritakan kejadian itu pada ibunya. Bukan main marahnya Dayang Sumbi begitu mendengar cerita itu. Tanpa sengaja ia memukul kepala Sangkuriang dengan sendok nasi yang dipegangnya. Sangkuriang terluka. Ia sangat kecewa dan pergi mengembara.

Setelah kejadian itu, Dayang Sumbi sangat menyesali dirinya. Ia selalu berdoa dan sangat tekun bertapa. Pada suatu ketika, para dewa memberinya sebuah hadiah. Ia akan selamanya muda dan memiliki kecantikan abadi. Setelah bertahun-tahun mengembara, Sangkuriang akhirnya berniat untuk kembali ke tanah airnya. Sesampainya di sana, kerajaan itu sudah berubah total. Disana dijumpainya seorang gadis jelita, yang tak lain adalah Dayang Sumbi. Karena terpesona oleh kecantikan wanita tersebut, Sangkuriang melamarnya. Oleh karena pemuda itu sangat tampan, Dayang Sumbi pun sangat terpesona padanya.

Pada suatu hari Sangkuriang minta pamit untuk berburu. Ia minta tolong Dayang Sumbi untuk merapikan ikat kepalanya. Alangkah terkejutnya Dayang Sumbi ketika melihat bekas luka di kepala calon suaminya. Luka itu persis seperti luka anaknya yang telah pergi merantau. Setelah lama diperhatikannya, ternyata wajah pemuda itu sangat mirip dengan wajah anaknya. Ia menjadi sangat ketakutan. Maka kemudian ia mencari daya upaya untuk menggagalkan proses peminangan itu. Ia mengajukan dua buah syarat. Pertama, ia meminta pemuda itu untuk membendung sungai Citarum. Dan kedua, ia minta Sangkuriang untuk membuat sebuah sampan besar untuk menyeberang sungai itu. Kedua syarat itu harus sudah dipenuhi sebelum fajar menyingsing.

Malam itu Sangkuriang melakukan tapa. Dengan kesaktiannya ia mengerahkan makhluk-makhluk gaib untuk membantu menyelesaikan pekerjaan itu. Dayang Sumbi pun diam-diam mengintip pekerjaan tersebut. Begitu pekerjaan itu hampir selesai, Dayang Sumbi memerintahkan pasukannya untuk menggelar kain sutra merah di sebelah timur kota. Ketika menyaksikan warna memerah di timur kota, Sangkuriang mengira hari sudah menjelang pagi. Ia pun menghentikan pekerjaannya. Ia sangat marah oleh karena itu berarti ia tidak dapat memenuhi syarat yang diminta Dayang Sumbi.

Dengan kekuatannya, ia menjebol bendungan yang dibuatnya. Terjadilah banjir besar melanda seluruh kota. Ia pun kemudian menendang sampan besar yang dibuatnya. Sampan itu melayang dan jatuh menjadi sebuah gunung yang bernama "Tangkuban Perahu."


unyu: masih bingung :roll:
Anonim: Hellow,..
anisa dan puja: hai gi pain :-)
sapa: anisa mana
fanz: hy all
fanz: :-))
fanz: kok sepi sih
nuer fatah: :naughty: ha ha ha ha ha ha ha
Esvy: hai all,lam kenal... :- ))
putri mar' atus shol: sore semuanya
seira nurwijaya: ""??
seira nurwijaya: malming hujan gerimis
Anonim: jancok
rianekoneko: ;-);-(B-) :-P
Anonim: nau
 
Klik di sini untuk memberi komentar
rizka Minggu, 18 Maret 2012 | 17:11 WIB
kenapa   sih sangkuriang jahat banget
safira Kamis, 29 Maret 2012 | 13:04 WIB
085249192176
adinda cute ΠJumat, 30 Maret 2012 | 10:47 WIB
semoga yc...................................... ceritanya bermanfaat
bagi kita semua amin.........................   
heti $ Rabu, 4 April 2012 | 15:09 WIB
bagus tapi lebih panjang n lebih jelas lagi dong heehehehe.........
terus pendapat yua hehjehe
   
RINTIS CITA SUCI £ Senin, 9 April 2012 | 13:47 WIB
CERITA NYA MENYEDIHKAN !!!!!! 
RINTIS CITA SUCI £ Senin, 9 April 2012 | 13:48 WIB
MENYADIHKAN BGGGTTTZZZ CERITA'A        
        
santi γ Rabu, 25 April 2012 | 18:15 WIB
g;;;;mna critanya aqq cri gak
bbiiisssaaa'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
'''''''''''''''''''''''''''\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
\\\\\\\\\\\\\
dinda Kamis, 10 Mei 2012 | 15:11 WIB
klo dialognya ada?
OXA Rabu, 1 Agustus 2012 | 12:47 WIB
bagus bgt cerita nya:p 8)
OXA Rabu, 1 Agustus 2012 | 12:50 WIB
OXA Rabu, 1 Agustus 2012 | 12:52 WIB
haHAHA
Sangkuriang: JJ
OXA Rabu, 1 Agustus 2012 | 12:59 WIB
sdh bgt 
Sangkuriang: dressup
OXA Rabu, 1 Agustus 2012 | 13:00 WIB
sdh bgt 
Sangkuriang: dressup
OXA Rabu, 1 Agustus 2012 | 13:00 WIB
huft
astri perwitasari Kamis, 9 Agustus 2012 | 15:07 WIB
ohhhhh 
aufa dian ws @ Selasa, 28 Agustus 2012 | 19:39 WIB
  bisa buat contekan :)
aufa dian ws @ Selasa, 28 Agustus 2012 | 19:42 WIB
LUCU GMBRNYA HAHA
aresbi @ Jumat, 7 September 2012 | 15:42 WIB
semua cerita rakyat emang oke.....
        
perampok dermawan š Minggu, 9 September 2012 | 13:01 WIB
wahh, makasih tugass ku jadi complete nichh

doain ya bahasa indo nanti, ane dapet 1 tusuk gigi dan  2 telor bebek
WRFRWER Sabtu, 22 September 2012 | 20:28 WIB
wanda Rabu, 26 September 2012 | 15:41 WIB
banyak banget sampe q bingung tapi ceritanya bagus
ichlassul junior Kamis, 27 September 2012 | 16:04 WIB
wah sangat durhaka sangkuriang 
sampai2 menikahi ibunya sendiri
ichlassul junior Kamis, 27 September 2012 | 16:06 WIB
tanpilkan lagi crta nya ya 
tiza santoso Kamis, 4 Oktober 2012 | 14:20 WIB
dramanya mana??????????   
andreas Minggu, 14 Oktober 2012 | 16:58 WIB
sangkuriang hebat banget coy            
                    
   :nyera   h:
andreas Minggu, 14 Oktober 2012 | 17:01 WIB
!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1
andreas Minggu, 14 Oktober 2012 | 19:47 WIB
terus gue mesti koplor sambil bilang wow
gitu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
!!!!!!!!!!                     
                       
                       
                          
                
                        
                    
                       
                       
                    
                   
                  
                    
                          
                  :nginti
  p:                
           :koplor:
ibnu ΠRabu, 17 Oktober 2012 | 16:13 WIB
hemmmmmmp......??n
ida Kamis, 25 Oktober 2012 | 08:19 WIB
hiiiiiiiiiiiii unyu unyu 
ida Kamis, 25 Oktober 2012 | 08:21 WIB
kalau bisa cerita rakyat sangkuriang ini ceritanya lebih detail.
supaya org tau     
NIIKEE ¥ Minggu, 28 Oktober 2012 | 21:08 WIB
heeeemmm,hehehehehe,hahahaha,wkwkwkwkwk
nuke Selasa, 30 Oktober 2012 | 13:25 WIB
kami tidak suka pada sangkuriang karena durhaka pada ibunya dan ingin
menikahi ibunya sendiri
Liling Tanutama ¤ Selasa, 6 November 2012 | 20:05 WIB
Keren!!!!!       
lutfi Selasa, 13 November 2012 | 14:54 WIB
http://meong.com/cdn/__images/smiley/wooo.gif
Hot bgt, seruuuuuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!
nar qomariyah Selasa, 13 November 2012 | 14:58 WIB
kimcil kaleeeeeeee!!!!!     
resty @ Kamis, 15 November 2012 | 10:43 WIB
gumawo...      
didi @ Jumat, 23 November 2012 | 20:46 WIB
tkss >,<           
surya σ Sabtu, 24 November 2012 | 08:37 WIB
unik dan unyu        :D
Sangkuriang: images
bowo š Senin, 3 Desember 2012 | 18:48 WIB
tapi resep juga tentang sang kuriang
tiia syaang i & y θ Rabu, 12 Desember 2012 | 14:45 WIB
.ii unyyu* bngett yaah cerittanya :) hhehe luucu
ZEA @ Rabu, 16 Januari 2013 | 18:27 WIB
     
SEDIIIH BEUDZ
Memenjumbo Selasa, 29 Januari 2013 | 20:48 WIB
butuh dialognya akuu  
ayuni Selasa, 29 Januari 2013 | 21:00 WIB
aku suka dengan cerita ini
Dinda Moettzz BGT Kamis, 7 Februari 2013 | 21:25 WIB
Bgzt jgh...cceritaNy...
Sangkuriang: danbo dengerin lgu]
Dinda Moettzz BGT Kamis, 7 Februari 2013 | 21:27 WIB
Bgzt jgh ea ceritaNy... 
bakri908 ¤ Rabu, 13 Februari 2013 | 11:34 WIB
nge cit
mzmoon σ Minggu, 3 Maret 2013 | 19:51 WIB
sunda'GELIS GELIS.... : 
anisa dan puja Rabu, 3 April 2013 | 14:04 WIB
emang beneran tuh cerita nya   
sapa @ Jumat, 12 April 2013 | 12:35 WIB
aku jga cari cerita tentang sangkuriang
wachid alfin f. @ Senin, 15 April 2013 | 14:09 WIB
kapan terjadinya cerita ini ?     
love @ Senin, 15 April 2013 | 14:13 WIB
renny wahyu utami @ Senin, 15 April 2013 | 14:14 WIB
je t'aime wachid aLFIN
utami ramadhani @ Kamis, 18 April 2013 | 11:06 WIB
mkanea jdi ank jngan "NAKAL"

             
ryan Kamis, 2 Mei 2013 | 09:51 WIB
sing bener bae ouhhhhhhhhhhhh 
rendi ΠJumat, 10 Mei 2013 | 15:50 WIB
ceritanya bagus banget..................
agnes aja lah @ Selasa, 29 Oktober 2013 | 11:49 WIB
              
christon @ Senin, 17 Februari 2014 | 14:23 WIB
kabayan in english
http://www.christon.net/folk-tales/si-kabayan-is-a-haji/
afifah muetmuetszzzz β Selasa, 25 Februari 2014 | 14:31 WIB
klo bleh nanya ini fabel,cerita rakyat atau apa??? :kaca 
Sangkuriang: 16
rian λ Kamis, 6 Maret 2014 | 09:07 WIB
rian λ Kamis, 6 Maret 2014 | 09:08 WIB
candra kirana @ Rabu, 21 Mei 2014 | 16:57 WIB
aduh makan nya jangan mudah ter goda ole laki2    
cidi Jumat, 6 Juni 2014 | 20:25 WIB
xczxc              
             
               
             
             
           
            
christon @ Kamis, 4 September 2014 | 10:41 WIB
cerita kabayan nih
zia Rabu, 15 Oktober 2014 | 18:49 WIB
sedih banget,aku sering denger cerita ini tapi ini agak beda

by:zia           
devany £ Rabu, 15 Oktober 2014 | 19:00 WIB
ceritanya sedihsih tapi bermanfaat bagi kitasemua    
  

Mau komentar? Mau diskusi? Silakan tulis pesan: 
Nama:  
Website:  
Email:  
Nomor HP:  
Pesan:  
Nama tokoh wayang:  gatot
Beritahu teman-teman Anda:
Share on Facebook Share on Twitter


Copyright © 2014 Sangkuriang   |   About   Privacy   Contact